Pendidikan dan Pengajaran

Program Studi Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon secara resmi berdiri berdasarkan surat ijin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 671/E/O/2023 dan telah terakreditasi Baik dengan SK LAMSAMA No. 021/SK/LAMSAMA/Akred-M/S/VI/2024.Program Studi Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon menyusun kurikulum berdasarkan analisis SWOT, rekomendasi IndoMS dan market signals, dengan mengangkat Pola Ilmiah Pokok UIN SSC, yaitu siber (Cyber Islamic University) sebagai penciri yang membedakan dengan Prodi sejenis di perguruan tinggi lain. Langkah pertama penyusunan kurikulum mengacu SN Dikti adalah menentukan standar profil lulusan Prodi dan menetapkan standar kompetensi lulusan.

Mahasiswa Matematika harus menempuh kulah sebanyak minimal 144 SKS untuk dapat lulus. Mata uliah dijurusan Matematika UIN SIber yekh Nurjati Cirebon terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Piihan Peminatan. Terdapat 3 kelompok mata kuliah peminatan di UIN SIber Syekh Nurjati Cirebon yaitu :

1. Kelompok mata kuliah peminatan Aljabar, Analisis dan Terapan;

2.  Kelompok mata kuliah peminatan  Ilmu Komputer, Kriptografi dan Keamanan Data;

3. Kelompok mata kuliah peminatan Statistika dan Asuransi Syariah.

Perencanaan proses pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di mana ada tiga aspek dalam kemampuan akhir yang diharapkan, yaitu Kognitif (Competence), Sikap (Conscience) dan Kepedulian (Compassion), yang diwujudkan dalam siklus-siklus kegiatan pembelajaran yang meliputi tahap-tahap: Konteks, Pengalaman, Refleksi, Aksi dan Evaluasi. Karakteristik proses pembelajaran yang diharapkan terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.

Dalam menjalankan proses pembelajaran Dosen Jurusan Matematika mengintegrasikan penelitian dan PKM dalam pembelajaran berikut rekap integrasi penelitian dan PKM dalam pembelajaran.

Rekapitulasi Integrasi Penelitian dan PKM dalam Pembelajaran Dosen Jurusan Matematika

NoNama DosenJudul
Penelitian atau PkM
Nama Mata KuliahBentuk IntegrasiBentuk Kegiatan
1Dr.
Muhamad Ali Misri, M.Si.
Propositional
Proofing Techniques application in Algebraic Structure Research
Logika
Matematika dan Himpunan
Materi
Perkuliahan
Mahasiswa
mempelajari mengenai Teori pembuktian yang proporsional dan menyelesaikan
studi kasus
2Herlinda
Nur’afwa Sofhya, M.Si.
Eksplorasi
Etnomatematika pada Bangunan Keraton Kacirebonan
GeometriStudi
Kasus
Mahasiswa
hasil eksplorasi geometeri di Keraton Kacirebonan
3Herlinda
Nur’afwa Sofhya, M.Si.
Comparison
of agglomerative hierarchy Methods in grouping Cities in west java Based on
Gross Regional Domestic Product
Statistika
Elementer
Project/
Mini riset
Mahasiswa
melakukan Mini Riset dalam Project MK Statsitika elementer dengan metode
clustering agglomerative hierarchy
4Bayu
Sukmaangara, M.Pd.
How
Do Students Thinking Processes in Solving Originality and Elaboration
Problems of Mathematical Creative Thinking Based on Brain Domination?
Teknik
Penulisan karya Ilmiah
Materi
Perkuliahan
Mahasiswa
diberikan contoh karya tulis ilmiah yang sudah terbit dijurnal Sinta 3
5Hadi Kusmanto, M.Si.Pendampingan
Model Desa Digital di Desa Marikangen
Wawasan
dan Aplikasi Teknologi
Studi KasusMahasiswa
diberikan materi mengenai contoh model desa digital 
Android-Based
Media Development in Mathematics Lessons
Materi
Perkuliahan
Mahasiswa
diberikan materi mengenai pembuatan media pembelajaran matematika berbasis
android
6Bayu
Sukmaangara, M.Pd.
Inovasi
dalam pendidikan: pengembangan bahan ajar berbasis web untuk meningkatkan
pemahaman aljabar
Algoritma dan
Pemrograman
Studi KasusMahasiswa
diberikan materi mengenai contoh nyata pengembangan berbasis web 
7Dr.
Muhamad Ali Misri, M.Si.
Simple Quiver Representation Of Finite-Dimensional QuiverAljabar Linear
Elementer
Materi
Perkuliahan
Mahasiswa
diberikan materi mengenai representasi Quiver sederhana
8Alif
Ringga Persada, M.Pd.
Funnelling
Strategy of Digital Marketing for developing incubator Business Ecosystem
MSEs in Cirebon City
Cirebon
Studies
Materi
Perkuliahan
Mahasiswa
diberikan materi perkembangan inkubator bisnis digital yang ada di Kota
Cirebon
9Dr.
Hj. Indah Nursuprianah, M.Si.
Dynamic
analysis of bipolar disorder mathematical model 
Kalkulus IStudi  KasusMahasiswa
menyelesaikan model persamaan diferensial menggunakan integral 
10Herlinda
Nur’afwa Sofhya, M.Si.
Fuzzy
Smokers Growth Model
Kalkulus IIMateri
Perkuliahan
Mahasiswa
menyelesaikan model persamaan diferensial menggunakan integral dan
menganalisis kekonvergenan model

Metode pembelajaran yang dapat dipilih untuk pelaksanaan pembelajaran mata kuliah antara lain: diskusi kelompok, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif dan 30 pembelajaran berbasis proyek atau metode pembelajaran lainnya yang berpusat pada mahasiswa, berbasis masalah atau metode pembelajaran lain yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan. Pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok bertujuan untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam dapat dilakukan dengan melibatkan seluruh peserta didik yang dibagi menjadi beberapa kelompok yang diinginkan, simulasi atau pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya, studi kasus atau metode pendekatan untuk meneliti gejala sosial dengan menganalisis satu kasus secara mendalam dan utuh, pembelajaran kolaboratif atau kerjasama dengan pihak lain, pembelajaran kooperatif atau pembelajaran yang saling membantu, pembelajaran berbasis proyek yaitu pembelajaran metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Beberapa contoh pemilihan bentuk, metode dan penugasan pembelajaran kami sajikan pada tabel dibawah ini

Contoh Pemilihan Bentuk, Metode dan Penugasan Pembelajaran

Bentuk Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Contoh Penugasan

Kegiatan Proses Belajar

Presentasi Mahasiswa dalam kelas

Diskusi Kelompok

Debat

Tugas Pemecahan masalah (Problem Solving), Tugas Kesenjangan Informasi, Tugas kesenjangan Penalaran, Tugas Kesenjangan Pendapat

Kegiatan Penugasan Terstruktur

Pembelajaran berbasis proyek

Pembelajaran berbasis kasus

Pembelajaran kolaboratif

Membuat proyek,

Mendiskusikan kasus tertentu yang dikerjakan secara kolaboratif

Kegiatan pembelajaran ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan model-model pembelajaran pendekatan ilmiah yang relevan. Penyusunan RPS disusun dalam suatu diskusi bersama, sehingga ada komunikasi dan pemahaman bersama di antara dosen-dosen pengampu. Pelaksanakan pembelajaran dipantau dan dievaluasi melalui kuesioner dari mahasiswa dan sharing pengalaman dalam suasana studi bersama di antara dosen-dosen pengampu.

 

Sebagai salah satu jurusan baru di lingkungan UIN SSC. Jurusan Matematika terus berupaya menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran. Jurusan Matematika senantiasa berkomitmen untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif, inklusif, dan mendukung perkembangan mahasiswa secara optimal. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah melalui evaluasi rutin berupa serangkaian monev pembelajaran dan survei kepuasan mahasiswa terhadap suasana akademik.

Survei ini dilaksanakan pada setiap akhir semester sebagai bentuk refleksi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran, interaksi akademik, serta fasilitas pendukung yang tersedia. Masukan dari mahasiswa menjadi bahan pertimbangan penting dalam pengambilan keputusan dan perbaikan berkelanjutan di lingkungan jurusan.

Selain itu, Jurusan Matematika juga berkomitmen tinggi dalam menjaga dan meningkatkan mutu dosen sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan. Untuk itu, Gugus Mutu Jurusan bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) secara rutin melakukan penilaian Indeks Kinerja Dosen (IKD) setiap semester. Penilaian ini bertujuan untuk memastikan bahwa dosen tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga terus berkembang dalam kompetensi pedagogik dan profesionalisme.

Scroll to Top