Pendidikan dan Pengajaran
Program Studi Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon secara resmi berdiri berdasarkan surat ijin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 671/E/O/2023 dan telah terakreditasi Baik dengan SK LAMSAMA No. 021/SK/LAMSAMA/Akred-M/S/VI/2024.Program Studi Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon menyusun kurikulum berdasarkan analisis SWOT, rekomendasi IndoMS dan market signals, dengan mengangkat Pola Ilmiah Pokok UIN SSC, yaitu siber (Cyber Islamic University) sebagai penciri yang membedakan dengan Prodi sejenis di perguruan tinggi lain. Langkah pertama penyusunan kurikulum mengacu SN Dikti adalah menentukan standar profil lulusan Prodi dan menetapkan standar kompetensi lulusan.
Mahasiswa Matematika harus menempuh kulah sebanyak minimal 144 SKS untuk dapat lulus. Mata uliah dijurusan Matematika UIN SIber yekh Nurjati Cirebon terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Piihan Peminatan. Terdapat 3 kelompok mata kuliah peminatan di UIN SIber Syekh Nurjati Cirebon yaitu :
1. Kelompok mata kuliah peminatan Aljabar, Analisis dan Terapan;
2. Kelompok mata kuliah peminatan Ilmu Komputer, Kriptografi dan Keamanan Data;
3. Kelompok mata kuliah peminatan Statistika dan Asuransi Syariah.
Perencanaan proses pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di mana ada tiga aspek dalam kemampuan akhir yang diharapkan, yaitu Kognitif (Competence), Sikap (Conscience) dan Kepedulian (Compassion), yang diwujudkan dalam siklus-siklus kegiatan pembelajaran yang meliputi tahap-tahap: Konteks, Pengalaman, Refleksi, Aksi dan Evaluasi. Karakteristik proses pembelajaran yang diharapkan terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
Dalam menjalankan proses pembelajaran Dosen Jurusan Matematika mengintegrasikan penelitian dan PKM dalam pembelajaran berikut rekap integrasi penelitian dan PKM dalam pembelajaran.
Rekapitulasi Integrasi Penelitian dan PKM dalam Pembelajaran Dosen Jurusan Matematika
No | Nama Dosen | Judul Penelitian atau PkM | Nama Mata Kuliah | Bentuk Integrasi | Bentuk Kegiatan |
1 | Dr. Muhamad Ali Misri, M.Si. | Propositional Proofing Techniques application in Algebraic Structure Research | Logika Matematika dan Himpunan | Materi Perkuliahan | Mahasiswa mempelajari mengenai Teori pembuktian yang proporsional dan menyelesaikan studi kasus |
2 | Herlinda Nur’afwa Sofhya, M.Si. | Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Keraton Kacirebonan | Geometri | Studi Kasus | Mahasiswa hasil eksplorasi geometeri di Keraton Kacirebonan |
3 | Herlinda Nur’afwa Sofhya, M.Si. | Comparison of agglomerative hierarchy Methods in grouping Cities in west java Based on Gross Regional Domestic Product | Statistika Elementer | Project/ Mini riset | Mahasiswa melakukan Mini Riset dalam Project MK Statsitika elementer dengan metode clustering agglomerative hierarchy |
4 | Bayu Sukmaangara, M.Pd. | How Do Students Thinking Processes in Solving Originality and Elaboration Problems of Mathematical Creative Thinking Based on Brain Domination? | Teknik Penulisan karya Ilmiah | Materi Perkuliahan | Mahasiswa diberikan contoh karya tulis ilmiah yang sudah terbit dijurnal Sinta 3 |
5 | Hadi Kusmanto, M.Si. | Pendampingan Model Desa Digital di Desa Marikangen | Wawasan dan Aplikasi Teknologi | Studi Kasus | Mahasiswa diberikan materi mengenai contoh model desa digital |
Android-Based Media Development in Mathematics Lessons | Materi Perkuliahan | Mahasiswa diberikan materi mengenai pembuatan media pembelajaran matematika berbasis android | |||
6 | Bayu Sukmaangara, M.Pd. | Inovasi dalam pendidikan: pengembangan bahan ajar berbasis web untuk meningkatkan pemahaman aljabar | Algoritma dan Pemrograman | Studi Kasus | Mahasiswa diberikan materi mengenai contoh nyata pengembangan berbasis web |
7 | Dr. Muhamad Ali Misri, M.Si. | Simple Quiver Representation Of Finite-Dimensional Quiver | Aljabar Linear Elementer | Materi Perkuliahan | Mahasiswa diberikan materi mengenai representasi Quiver sederhana |
8 | Alif Ringga Persada, M.Pd. | Funnelling Strategy of Digital Marketing for developing incubator Business Ecosystem MSEs in Cirebon City | Cirebon Studies | Materi Perkuliahan | Mahasiswa diberikan materi perkembangan inkubator bisnis digital yang ada di Kota Cirebon |
9 | Dr. Hj. Indah Nursuprianah, M.Si. | Dynamic analysis of bipolar disorder mathematical model | Kalkulus I | Studi Kasus | Mahasiswa menyelesaikan model persamaan diferensial menggunakan integral |
10 | Herlinda Nur’afwa Sofhya, M.Si. | Fuzzy Smokers Growth Model | Kalkulus II | Materi Perkuliahan | Mahasiswa menyelesaikan model persamaan diferensial menggunakan integral dan menganalisis kekonvergenan model |
Metode pembelajaran yang dapat dipilih untuk pelaksanaan pembelajaran mata kuliah antara lain: diskusi kelompok, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif dan 30 pembelajaran berbasis proyek atau metode pembelajaran lainnya yang berpusat pada mahasiswa, berbasis masalah atau metode pembelajaran lain yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan. Pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok bertujuan untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam dapat dilakukan dengan melibatkan seluruh peserta didik yang dibagi menjadi beberapa kelompok yang diinginkan, simulasi atau pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya, studi kasus atau metode pendekatan untuk meneliti gejala sosial dengan menganalisis satu kasus secara mendalam dan utuh, pembelajaran kolaboratif atau kerjasama dengan pihak lain, pembelajaran kooperatif atau pembelajaran yang saling membantu, pembelajaran berbasis proyek yaitu pembelajaran metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Beberapa contoh pemilihan bentuk, metode dan penugasan pembelajaran kami sajikan pada tabel dibawah ini
Contoh Pemilihan Bentuk, Metode dan Penugasan Pembelajaran
Bentuk Pembelajaran | Metode Pembelajaran | Contoh Penugasan |
Kegiatan Proses Belajar | Presentasi Mahasiswa dalam kelas Diskusi Kelompok Debat | Tugas Pemecahan masalah (Problem Solving), Tugas Kesenjangan Informasi, Tugas kesenjangan Penalaran, Tugas Kesenjangan Pendapat |
Kegiatan Penugasan Terstruktur | Pembelajaran berbasis proyek Pembelajaran berbasis kasus Pembelajaran kolaboratif | Membuat proyek, Mendiskusikan kasus tertentu yang dikerjakan secara kolaboratif |
Kegiatan pembelajaran ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan model-model pembelajaran pendekatan ilmiah yang relevan. Penyusunan RPS disusun dalam suatu diskusi bersama, sehingga ada komunikasi dan pemahaman bersama di antara dosen-dosen pengampu. Pelaksanakan pembelajaran dipantau dan dievaluasi melalui kuesioner dari mahasiswa dan sharing pengalaman dalam suasana studi bersama di antara dosen-dosen pengampu.
Sebagai salah satu jurusan baru di lingkungan UIN SSC. Jurusan Matematika terus berupaya menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran. Jurusan Matematika senantiasa berkomitmen untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif, inklusif, dan mendukung perkembangan mahasiswa secara optimal. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah melalui evaluasi rutin berupa serangkaian monev pembelajaran dan survei kepuasan mahasiswa terhadap suasana akademik.
Survei ini dilaksanakan pada setiap akhir semester sebagai bentuk refleksi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran, interaksi akademik, serta fasilitas pendukung yang tersedia. Masukan dari mahasiswa menjadi bahan pertimbangan penting dalam pengambilan keputusan dan perbaikan berkelanjutan di lingkungan jurusan.
Selain itu, Jurusan Matematika juga berkomitmen tinggi dalam menjaga dan meningkatkan mutu dosen sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan. Untuk itu, Gugus Mutu Jurusan bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) secara rutin melakukan penilaian Indeks Kinerja Dosen (IKD) setiap semester. Penilaian ini bertujuan untuk memastikan bahwa dosen tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga terus berkembang dalam kompetensi pedagogik dan profesionalisme.